5 Cara Mencegah kanker Payudara

Kanker Payudara Apaan Sih?

Kanker payudara merupakan pertumbuhan sel payudara yang tidak terkontrol karena perubahan abnormal dari gen yang bertanggung jawab atas pengaturan pertumbuhan sel. Secara normal sel payudara yang tua akan mati dan digantikan oleh sel baru yang lebih ampuh, regenerasi sel ini berguna untuk mempertahankan fungsi payudara.

Lha pada kasus kanker payudara, gen yang bertanggung jawab terhadap pengaturan pertumbuhan sel ini termutasi sehingga jadi gak nurut, kalo bahasa jawanya tuh ‘mokong’. Karena yang mengatur udah gak bener, ya jelas yang diatur jadi tambah gak bener, makanya terjadi pertumbuhan sel payudara secara terus-menerus tanpa henti, yang seharusnya belum waktunya tumbuh malah tumbuh duluan. Kondisi inilah yang disebut kanker payudara. Selain mengganggu secara estetik, jika terjadi keterlambatan dalam penanganan kanker payudara bisa ber-metastase (menyebar) ke organ dalam organ dalam seperti paru dan jantung melalui jaringan limfe yang semakin meningkatkan resiko kematian. O iya, sebelum lanjut udah pada tau kan anatomy payudara seperti apa? Kalo belum tau monggo diliat gambar dibawah ini..

payudara

Ada 5 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara

  • Olahraga 3 kali seminggu selama 20 menit. Olahraga bisa menjadikan jantung bekerja diatas level istirahat yang sanggup memperkuat otot jantung dan peredaran darah ke sel sehingga bisa meningkatkan kinerja jantung dan berimbas pada menurunnya resiko terserang kanker, jadi gak cuman kanker payudara aja lho…
  • Hindari minuman ber alkohol. Konsumsi alkohol diyakini meningkatkan resiko terserang kanker, banyak para pakar kesehatan merekomendasikan mengurangi alkohol bagi mereka yang beresiko tinggi terserang kanker payudara. Lha yang namanya kanker ini kan sensitif terhadap hormon, sedangkan alkohol sangat mempengaruhi kondisi hormon dalam tubuh.
  • Pertahankan kondisi tubuh ideal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Texas Medical Anderson Cancer Center menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih terutama yang udah monopouse memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap kanker payudara daripada wanita yang memiliki tubuh ideal.
  • Lakukan pemeriksaan payudara secara mandiri tiap bulan. *Lha gimana caranya?* Buka seluruh pakaian atas sekalian ama BHnya didepan cermin, trus bandingkan ukuran payudara kiri dan kanan, secara normal payudara kiri dan kanan memang tidak 100% simetris, tapi pada kanker payudara perbedaan ukuran terlihat sangat mencolok. Raba dan pijat lembut daerah payudara dan sekitarnya, jika terdapat benjolan abnormal dan kadang terasa sakit langsung hubungi dokter aja untuk memastikan.
  • Lakukan mammogram setahun sekali setelah berumur diatas 40 tahun. Mengobati kanker secara dini sangat meningkatkan resiko kesembuhan payudara, makanya pada wanita diatas 40 tahun atau yang udah monopouse sangat dianjurkan melakukan mammogram setahun sekali.

Sumber : www.Juraganmedis.com

0 comments: