Bahaya Berganda Dari Kanker Payudara

Kenapa ya kanker payudara begitu ditakuti oleh sebagian besar orang? Bahkan di beberapa negara maju pemeriksaan mammography setiap 6 bulan sekali menjadi suatu kewajiban bagi tiap perempuan yang udah monopouse.

Sel kanker payudara kurang bisa melekat ke sel lainnya, hal ini karena sel kanker payudara hanya memiliki sedikit zat pengikat antar sel yaitu molekul adhesin. Bila sel kanker payudara terlepas dari sel, maka sel kanker ini masuk ke peredaran darah dan menuju berbagai organ. Seringkali sel mampir ke tulang, terutama tulang belakang. Padahal tulang belakang merupakan jalur berbagai saraf penting dari otak seperti saraf motorik yang mengatur berbagai pergerakan kaki, tangan dan otot-otot pernafasan.

Jika sel kanker ini berkembang disana, terjadilah kanker tulang belakang dengan kondisi pembengkakan tulang dan jaringan sekitar tulang belakang. Karena tulang belakang dan daerah sekitarnya membengkak maka terjadi penekanan terhadap saraf-saraf penting ditulang, tergantung juga di bagian mana saraf yang tertekan, bila yang tertekan saraf arah otot kaki atau tangan efeknya adalah lumpuh kaki atau lumpuh tangan. Bila yang tertekan adalah saraf otot-otot pernafasan seperti otot intercosta (otot diantara tulang rusuk) dan otot diafragma, maka penderita tidak bisa bernafas dan bisameninggal.

Dibalik payudara tersimpan banyak sekali pembuluh limfe yang terhubung ke berbagai organ dalam seperti paru, hati dan organ lainnya yang fungsinya sangat penting dalam mendukung kehidupan, melalui jalur inilah sel kanker bisa jalan-jalan menuju organ dalam tersebut. Contohnya ketika sel kanker ini jalan-jalan dan mampir ke organ dalam yang terdekat yaitu paru, maka terjadilah perkembangan sel kanker di paru yang mengganggu pernafasan, makanya tidak jarang ditemukan batuk kronis yang tidak sembuh-sembuh pada penderita kanker payudara. Kondisi ini bila berkelanjutan bisa menyebabkan kematian karena gangguan pernafasan.


Sumber : www.Juraganmedis.com

0 comments: