Stadium Kanker Leher Rahim

Tingkat-tingkat / stadium dari kanker leher rahim:

Tingkat 0 :
Kanker hanya ditemukan pada lapisan atas dari sel-sel pada jaringan yang melapisi leher rahim. Tingkat 0 juga disebut carcinoma in situ.

Tingkat I :
Kanker telah menyerang leher rahim dibawah lapisan atas dari sel-sel. Itu ditemukan hanya di leher rahim.
Tingkat II:
Kanker meluas melewati leher rahim kedalam jaringan-jaringan berdekatan. Ia meluas ke bagian atas dari vagina. Kanker tidak menyerang ke bagian ketiga yang lebih rendah dari vagina atau dinding pelvic (lapisan dari bagian tubuh antara pinggul).

Tingkat III:
Kanker meluas ke bagian bawah dari vagina. Ia juga mungkin telah menyebar ke dinding pelvic dan simpul-simpul getah bening yang berdekatan.

Tingkat IV:
Kanker telah menyebar ke kandung kemih, rektum, atau bagian-bagian lain tubuh.
Terjadinya kembali kanker: Kanker telah dirawat, namun telah kembali setelah suatu periode waktu yang selama waktu ini tidak dapat terdeteksi. Kanker mungkin timbul kembali pada leher rahim atau pada bagian-bagian lain tubuh.

Untuk mempelajari luasnya penyakit dan menyarankan suatu jalan perawatan, dokter mungkin meminta beberapa dari tes-tes berikut:
* X-rays dada:
* X-rays seringkali dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar ke paru-paru.
* CT scan:

Suatu mesin x-ray yang dihubungkan ke sebuah komputer mengambil suatu rentetan dari gambar-gambar yang mendetil (terperinci) dari organ-organ anda. Anda munkin menerima materi kontras melalui suntikan dilengan atau tangan anda, melalui mulut, atau dengan enema. Beberapa orang alergi terhadap materi-materi kontras yang mengandung iodine. Beritahu dokter atau suster jika anda mempunayi alergi. Materi kontras membuat area-area abnormal lebih mudah untuk dilihat. Suatu tumor di hati, paru-paru, atau dimana saja didalam tubuh dapt terlihat pada CT scan.

MRI:
Suatu megnet yang kuat yang dihubungkan ke sebuah komputer digunakan untuk membuat gambar-gambar yang mendetil dari pelvis dan perut anda. Dokter dapat melihat gambar-gambar ini pada sebuah monitor dan dapat mencetak mereka pada film. Suatu MRI dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar. Kadangkala materi kontras membuat area-area abnormal timbul lebih jelas pada gambar.

Ultrasound:
Suatu alat ultrasound diletakka pada perut atau dimasukkan kedalam vagina. Alat mengirim gelombang-gelombang suara yang tidak dapat didengar manusia. Gelombang-gelombang memantul pada leher rahim dan jaringan-jaringan berdekatan, dan sebuah komputer menggunakan gema-gema (echoes) menciptakan suatu gambar. Tumor-tumor dapat menghasilkan gema-gema yang berbeda dari gema-gema yang dibuat oleh jaringan-jaringan yang sehat. Gambar dapat menunjukan apakah kanker telah menyebar.