Champignon, jamur kompos atau jamur kancing (Agaricus bisporus, Agaricus campestris) merupakan jenis jamur liar pertama yang dibudidayakan sejak ratusan tahun lalu. Jamur ini memiliki nilai organoleptik (rasa, aroma dan penampilan) yang tinggi, menarik, dan disenangi, selain nilai bisnis yang menguntungkan karena banyaknya penggemarnya. Jamur kancing terutama digemari di kawasan yang memiliki empat musim seperti beberapa kawasan di Eropa, Amerika Serikat, juga Asia dan Afrika.

Bahkan, melalui rekayasa teknologi dengan memilih tempat tinggi dan pengaturan lingkungan ruangan pemeliharaan, di beberapa tempat di Indonesia seperti Bandung, Dieng, Bumiayu, dan Brastagi, budi daya jamur tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Jamur merang, jamur padi, supa pare (Volvariella volvaceae, Volvariella esculenta) merupakan jenis jamur liar kedua yang dibudidayakan karena memiliki nilai organoleptik, bisnis yang baik, dan menguntungkan, terutama di kawasan tropis. Champignon dan jamur padi termasuk kelompok jamur nonkayu.

Sedangkan jamur shiitake atau hioko dan donko (Lentinus edodes) merupakan jamur kayu yang mula-mula hidup liar (sebagai contohnya banyak ditemukan di hutan Kalimantan Timur) dengan menempel pada kayu kering atau lapuk. Jamur-jamur kayu pertama yang dibudidayakan itu ternyata juga memiliki nilai organoleptik tinggi dan berkhasiat obat, sehingga cepat diterima masyarakat. Shiitake misalnya, bisa menurunkan kandungan kolesterol dan gula dalam darah.

Pada akhir tahun 1990-an, urutan jenis jamur komersial yang diproduksi secara besar-besaran di mana-mana karena memiliki nilai bisnis raksasa hingga miliaran dollar AS antara lain: Champignon, diproduksi sampai 1.250.000 metrik-ton/tahun. Shiitake yang diproduksi sampai 265.000 metrik-ton/tahun, jamur merang (diproduksi sampai 70.000 metrik-ton/tahun), serta terdapat jenis tambahan baru, yaitu jamur winter (Flammulina velutipes) dengan produksi sampai 68.000 metrik-ton. Jamur kuping, supa lember atau hiratake (Auricularia polytricha) diproduksi sampai 65.000 metrik-ton. Di Indonesia dari sisi jumlah, peringkat tertinggi tetap dipegang oleh jamur padi, kemudian diikuti jamur kuping, jamur tiram, jamur shiitake, dan champignon.

Namun, dilihat dari nilai bisnis dan luasnya perdagangan, maka peringkat pertama dipegang oleh jamur shiitake, champignon, jamur kuping, baru diikuti dengan jamur padi. Soalnya, jamur padi Indonesia terkait dengan residu pestisida yang terbawa bersama jerami padi (sebagai bahan baku budi daya), sehingga hanya memenuhi syarat untuk konsumsi setempat saja. Di dataran tinggi Champignon yang semula diproduksi di dataran tinggi Dieng sekarang berpindah ke dataran tinggi Bumiayu (perbatasan Brebes-Purwokerto) dan Pangalengan (Bandung). Jamur ini ternyata memiliki pasar potensial dan menghasilkan devisa tinggi, baik sebagai komoditas segar (tanpa diolah) ataupun sebagai komoditas olahan yang dibudidayakan di Indonesia adalah Agaricus bisporus. Bibitnya berasal dari Belanda, Taiwan, dan Amerika Serikat. Warna jamur Agaricus bisporus putih dengan tudung berukuran garis tengah 3-5 cm. Tinggi tangkai sampai 6 cm, sedangkan ukuran garis tengah kuncup 2-3 cm. Ada juga jenis Agaricus campestris asal Australia dan Perancis, yang memiliki ukuran dan warna hampir sama dengan yang pertama.

Sayang Indonesia belum termasuk negara produsen champignon, walaupun produk Indonesia dalam bentuk segar atau hasil olahan sudah memasuki pasar dunia. Pasar Indonesia terutama adalah Singapura, Hongkong, Australia, dan Amerika Serikat, meski masih dalam jumlah terbatas. Amerika Serikat tercatat sebagai negara pertama penghasil champignon terbesar (246.000 metrik-ton), disusul Perancis (160.000 metrik-ton), Cina (140.000 metrik-ton), Belanda (93.000 metrik-ton), Inggris (84.000 metrik-ton), dan Taiwan (59.000 metrik-ton). Negara lain yang termasuk penghasil jamur adalah Italia, Spanyol, Jerman, Korea Selatan, Kanada, dan sebagainya meski rata-rata masih di bawah 15.000 metrik-ton. Jamur Portabella Penduduk Amerika Serikat dan Eropa memang lebih mengenali Agaricus sebagai jenis jamur yang sudah dibudidayakan, baik yang umum dikenal dengan nama champignon, jamur putih, mushroom, button mushroom serta sederet nama daerah lain. Walau kemudian penduduk mulai mengenali dan membudidayakan jamur-jamur lokal-misal di Indonesia dengan jamur merang/jamur padi-kehadiran champignon tetap menjadi primadona.

Jamur ini ternyata tidak dapat digeser oleh jenis jamur lainnya. Agaricus dengan berbagai jenisnya justru menjadi bagian dari kehidupan penduduk yang tidak dapat dipisahkan lagi. Oleh karena itu, jangan heran kalau kemudian muncul jenis Agaricus baru selain Agaricus campestris, Agaricus bisporus, dan Agaricus bitorquis. Muncullah hasil pengembangan baru seperti Agaricus brunescens yang umum dikenal dengan nama jamur portabella, jamur portobello, atau brown mushroom, hasil kerja keras para pakar Amerika Serikat. Budi daya jamur memang mendapat perhatian besar di Amerika Serikat, terutama jenis untuk konsumsi. Bahkan, kemudian dikembangkan juga jamur berkhasiat obat oleh berbagai badan penelitian dan pengembangan terkait. Kehadiran jamur portabella-nama umum dalam masyarakat Amerika Serikat-menjadi pesaing ketat jamur shiitake yang sebelumnya oleh para pakar diramalkan akan menjadi jenis primadona di Amerika Serikat, mengalahkan jamur asal Jepang atau RRC yang mendominasi sebelumnya. Baik di sisi produksi maupun dari nilai bisnisnya, keunggulan jamur portabella tidak jauh berbeda dengan champignon. Bedanya adalah ukuran jamur yang 2-3 kali lebih besar dibandingkan dengan champignon biasa serta warna. Bila champignon biasa berwarna putih bersih (Agaricus bisporus) atau putih keabuan (Agaricus campestris), maka Agaricus brunescens atau jamur portabella berwarna coklat dengan ukuran tubuh buah 2-3 kali lebih besar.

Membudidayakan jamur portabella tidak berbeda dengan umumnya champignon. Diperlukan media/tempat kompos yang sudah dipasteurisasikan, lingkungan yang dingin, lembab, bebas/terhindar dari kehadiran residu pencemaran (misal senyawa kimia asal pestisida), serta kontaminasi mikroba, baik bakteri ataupun jamur liar. Khasiat Jamur Portabella Yang sangat mengherankan para mikrobiolog dan pakar perjamuran adalah kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam tubuh buah jamur portabella. Selain protein serta lemak yang sangat rendah, terdapat pula vitamin B-kompleks-riboflavin, niacin, dan panthotenat-serta sejumlah mineral seperti Na (natrium), K (kalium), dan Se (selenium) serta bahan-bahan lainnya sebagai anti-oksidan dan anti- kanker. Tidaklah mengherankan kalau kehadiran portabella yang cukup dilengkapi dengan senyawa bermanfaat/berkhasiat selalu dihubungkan dengan manfaat dan khasiatnya untuk (antara lain) pencegah/mengobati penyakit berbahaya masa kini. Sebagai makanan kesehatan, portabella sangat baik/cocok bagi mereka yang tengah berdiet untuk menurunkan berat badan. Soalnya selain rendah kadar lemaknya, jamur ini tinggi kadar seratnya. Portabella juga menjadi makanan yang penuh manfaat untuk para penderita DM/diabetes melitus dan hipertensi/tekanan darah tinggi.

Jamur ini sangat membantu dalam regenerasi sel-sel tubuh, terutama setelah sakit. Jamur yang sama diyakini bisa mencegah sedini mungkin serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker, khususnya untuk kanker prostat dan kanker payudara. Khasiat lain adalah mencegah penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan stroke dan tekanan darah tinggi, misal pada bagian kepala hingga terjadi perdarahan. Dengan demikian, mengonsumsi jamur portabella secara teratur bisa membantu menjaga dan meningkatkan kebugaran serta kesehatan tubuh. H Unus Suriawiria Dosen ITB, mendalami bioteknologi, agroindustri, dan banyak berkecimpung di bidang perjamuran sumber: kompas

bayikurus1Penyebab berat badan bayi tidak kunjung datang ada bermacam-macam. Artikel yang di ambil dari http://arsipbayi.blogspot.com, mudah-mudahan dapat membantu mama-mama sekalian:

ACUAN KURUS

Normalnya, berat badan (BB) bayi baru lahir harus mencapai 2.500 gram. Tidak terlalu besar, juga tak kelewat kecil. Sebab kalau terlalu kecil, dikhawatirkan organ tubuhnya tak dapat tumbuh sempurna sehingga dapat membahayakan sang bayi sendiri. Sebaliknya, terlalu besar juga ditakutkan sulit lahir dengan jalan normal dan mesti lewat operasi sesar.

Nah, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 - 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan. Acuan untuk melihat normal-tidaknya BB adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. “Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau ia termasuk bayi kurus”

Bayi kurus adalah yang saat lahir BB-nya rendah atau di bawah 2.500 gram. “Penyebabnya dipengaruhi saat masih berada dalam kandungan. Inilah yang sangat menentukan karena di situlah pembentukan dan pertumbuhan organ tubuh dimulai”

BERAT MANDEK

Meski saat lahir BB-nya normal, belum tentu juga selanjutnya perkembangan BB-nya akan normal sesuai dengan pertumbuhannya. “Pada fase tertentu, ada kecenderungan pertambahan berat badan bayi akan melambat.” Antara 1 sampai 6 bulan, pertambahan BB bayi terbilang cepat, “Tapi di atas 6 bulan, pertambahannya melambat. Ini terjadi hampir pada seluruh bayi. Salah satu penyebabnya, karena pada tahap ini biasanya bayi sudah lebih banyak bergerak dan pertumbuhannya mengarah ke pertinggian badan.” Bila pertambahan BB bayi di usia 6 bulan, misalnya, menjadi tidak normal alias tidak bertambah atau malah berkurang, “Perlu dilihat penyebabnya,” terang Alinda. Mungkin ada penyakit yang bersarang di tubuhnya semisal penyakit infeksi terutama TBC dan diare.

“Penyakit membuat nafsu makan anak berkurang dan akhirnya BB-nya tak mau naik.” Selain itu, bayi kurus juga bisa mengindikasikan kekurangan gizi. Ini umumnya karena kebiasaan di keluarga di mana kadang ibu tak cermat memberi nutrisi yang tepat untuk bayi. Padahal,bayi perlu asupan nutrisi yang seimbang. Bisa juga karena si bayi bosan dengan makanan yang itu-itu saja dan akhirnya emoh makan

”Di sisi lain, kondisi psikis bayi menentukan pula keinginannya untuk makan. Kalau ia merasa tertekan karena sering dipaksa, misalnya, bisa saja nafsu makannya berkurang.” “Bila terlalu kurus, segera konsultasi ke dokter.” Soalnya, lanjutnya, “Untuk mengembalikannya menjadi normal kita harus melihat apa yang menjadi sebabnya.” Bila karena penyakit, harus disembuhkan dansambil menyembuhkan penyakitnya, kita pun harus melakukan konsultasi gizi untuk mengetahui gizi yang tepat bagi bayi.

KIAT MENGATASI

Jika memang penyebabnya karena penyakit, tak ada cara lain, si penyakit harus disembuhkan secara total. Pada saat yang sama pula, bayi diberi nutrisi yang cukup agar ia tidak jadi kurus. Sebab, jika bayi kena infeksi dan dibiarkan tanpa ada tindakan tepat hingga akhirnya menimbulkan masalah kekurangan gizi, misalnya, bakal sulit meningkatkan BB-nya. Penanganannya pun akan menjadi lebih kompleks.

Ciri-ciri bayi malnutrisi, jelas Alinda, bisa dilihat dari fisiknya. “Bila parah hanya tinggal kulit dan tulang saja.” Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin. Sumbernya pun tidak harus yang mahal, lebih baik dari yang murah. “Seperti protein, tak harusdari hewani saja. Dari nabati pun bisa. Misalnya anak diberitahu dan tempe.”
Sumber : dr. Alinda Rubiati, Sp.A, via www. balita-anda.com

kesanrokok2Rokok memiliki dampak yang sangat buruk, sebab rokok merusak hampir seluruh organ tubuh manusia, oleh karena itu merokok dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang sangat banyak, sedikitnya ada 24 penyakit yang fatal, misalnya kanker dan penyakit jantung.

Dampak buruk merokok bagi kesehatan ini biasanya akan muncul dalam jangka waktu yang lama, di atas 5 tahun. Produk tembakau khususnya rokok dapat berbentuk sigaret, kretek, cerutu, lintingan, menggunakan pipa, tembakau yang disedot, ataupun tembakau tanpa asap.

Di dalam daftar di bawah diuraikan berbagai macam penyakit dan bagian-bagian tubuh yang dapat dipengaruhi oleh efek buruk merokok. Pria atau wanita yang merokok menghadapi resiko buruk yang sama, yaitu kematian. Selain itu ada resiko yang khusus bagi wanita yaitu terganggunya fungsi reproduksi.

Sampai saat ini tidak ditemukan satupun akibat baik dari menghisap rokok. Karena dampaknya yang sangat buruk bahkan dari kalangan agama pun sepakat untuk ikut mengurangi kebiasaan merokok di masyarakat, yaitu dengan mengeluarkan rekomendasi pelarangan merokok.
Berikut adalah penyakit-penyakit dan gangguan kesehatan pada organ tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan merokok. Kanker :

* Paru-paru (lung cancer)
* Oral cavity
* Pharynx
* Larynx
* Oesophagus (squamous cell carcinoma)
* Oesophagus (adenocarcinoma)
* Pancreas
* Urinary bladder
* Renal pelvis
* Kidney (renal cell carcinoma)
* Stomach
* Uterine cervix
* Granulocytic cells of bone marrow (myeoloid leukaemia)
* Nasal cavities
* Nasal sinuses
* Liver

Sistem Pernafasan :

* Chronic obstructive pulmonary disease (COPD)
* Acute respiratory illnesses including pneumonia
* Premature onset of and an accelerated decline in lung function
* All major respiratory symptoms in adults, including coughing, phlegm, wheezing & dyspnoea
* Poor asthma control

Sistem Kardiovaskular :

* Coronary heart disease (CHD)
* Cerebrovascula disease
* Aortic aneurysm
* Peripheral arteria

Penyakit lainnya :

* Gastric ulcer
* Cataract
* Periodontitis
* Duodenal ulcer
* Adverse surgical outcomes related to wound healing and respiratory complications
* Hip fracture
* Reduced fertility in females
* Crohn’s disease
* Age-related macular degeneration
* Tobacco amblyopia
* Osteoporosis

Gangguan sistem pernafasan khusus pada bayi / anak, yang ibunya merokok:

* Impaired lung growth
* Early-onset of lung function decline
* Respiratory symptoms including coughing, phlegm, wheezing dyspnoea
* Asthma-related symptoms (wheezing)

Sistem Reproduksi Wanita :

* Pregnancy complications
* Preterm delivery and shortened gestation
* Foetal growth restrictions and low birth weight
* Sudden infant death syndrome (SIDS)

diolah dari: Tobacco or Health in The European Union 2004

Tidak banyak orang tua yang mampu untuk mengenali penyakit autis. Kebanyakan orang tua sering salah memperlakukan anak-anak penderita penyakit ini, karena umumnya akan-anak penderita autis selalu menunjukkan perilaku yang “menyimpang”.

Untuk mengetahui gejala-gejala bahwa seorang anak menderita autis ditandai yang dapat kita lihat di antaranya adalah:

Pertama, anak sering bahkan selalu melakukan kegiatan yang tidak ada artinya secara berulang-ulang,misalnya sengaja menabrak tembok dengan kedua telapak tangannya menyentuh tembok.

Kedua, kalau tertarik pada sesuatu biasanya sangat fokus dan bisa melakukannya dalam waktu yang cukup lama, misalnya pada saat bermain mobil-mobilan, ia selalu memutar-mutarkan rodanya, kelihatan sangat serius dan biasanya tak kurang dari 1 jam ia biasa melakukannya!

Penyakit ini bisa terjadi karena terdapat kandungan merkuri atau air raksa (Hg) yang berlebihan. Kandungan merkuri pada darah seseorang pada taraf toleransi maksimal hanya 1 ppm!

Dengan demikian selaku orang tua sudah sewajarnya kita mengingatkan pada diri kita sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar kita agar mengingatkan untuk selalu memperhatikan betul-betul perkembangan anak kita.

Logam-logam berat seperti air raksa atau merkuri tanpa kita sadari sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari pewarna makanan, air yang tercemar logam berat, ikan laut yang tercemar, asap kendaraan bermotor dan masih banyak lagi.

Namun, satu hal yang mesti kita lakukan tetap terus mengupdate informasi tentang penyakit autis dan mulai waspadai makanan yang dikonsumsi anak-anak kita. Dan yang terpenting curahkan dengan penuh kasih sayang perhatian kita kepada anak-anak kita.

Tata Cara Memijat Si Kecil

Sejak Umur Berapa Pijat Bayi Dimulai? Pemijatan Bayi dapat dilakukan, segera setelah bayi lahir, sesuai dengan keinginan orang tua. Semakin dini pemijatan dilakukan, semakin banyak keuntungan yang bakal didapat. Sedangkan waktu yang terbaik untuk melakuan pemijatan adalah pada saat pagi hari atau malam hari.

Beberapa persiapan yang penting sebelum memijat bayi:

1. tangan bersih dan hangat.
2. kuku dan perhiasan jangan sampai menggores kulit bayi.
3. ruangan pemijatan diupayakan tidak pengap.
4. upayakan bayi sudah selesai makan/tidak sedang lapar.
5. perlu waktu sekitar 15 menit untuk melakukan seluruh tahapan pemijatan.
6. duduklah dalam posisi yang nyaman.
7. baringkan bayi di atas permukaan kain yang rata.
8. siapkanlah handuk, popok, baju ganti dan baby oil.
9. mintalah izin kepada bayi sebelum melakukan pemijatan.

Penjelasan Detail dibawah ini: Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, pemijatan bayi tak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada cara dan rambu-rambu yang mesti diperhatikan.

Berikut adalah cara atau pedoman pemijatan pada bayi.
* Pijatan di wajah untuk melemaskan otot wajah. Tekan jari-jari pada kening bayi, pelipis, dan pipi. Gunakan kedua ibu jari untuk memijit daerah di atas alis. Dengan tekanan lembut, tarik garis dengan ibu jari dari hidung ke arah pipi bayi. Gunakan kedua ibu jari untuk memijit sekitar mulut, tarik hingga bayi tersenyum. Pijat lembut rahang bawah bayi dari tengah ke samping seolah membuat bayi tersenyum. Pijat secara lembut daerah di belakang telinga ke arah dagu.

* Pijatan di dada untuk memperkuat paru-paru dan jantung. Letakkan kedua tangan di tengah dada bayi dan gerakkan ke atas, kemudian ke sisi luar tubuh dan kembali ke ulu hati tanpa mengangkat tangan seperti membentuk hati. Lalu, dari tengah dada bayi, pijat menyilang dengan telapak tangan ke arah bahu seperti membentuk kupu-kupu.

* Pijatan pada perut untuk meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit. Lakukan gerakan memijat di atas perut bayi seperti mengayuh sepeda dari atas ke arah bawah perut. Kemudian, angkat kedua kaki bayi dan tekan lututnya perlahan-lahan ke arah perut. Buatlah bulan separuh terbalik dengan tangan kanan, mulai dari kiri ke kanan searah jarum jam. Saat tangan kanan di atas, tangan kiri di bawah dan berputar mengikuti arah jarum jam membentuk lingkaran penuh seperti matahari.

* Pijatan tangan dan kaki untuk menghilangkan ketegangan dan memperkuat tulang. Pegang lengan bayi dengan kedua telapak tangan seperti memegang pemukul softball. Dengan gerakan seperti memerah, pijat tangan bayi dari bahu ke pergelangan. Lakukan gerakan sebaliknya, dari pergelangan ke arah pangkal lengan. Tarik lembut jari-jari bayi dengan gerakan memutar. Dengan kedua ibu jari secara bergantian, pijat seluruh permukaan telapak tangan dan punggung tangan bayi. Gunakan kedua telapak tangan untuk membuat gerakan seperti menggulung. Untuk kaki, ikuti cara yang sama seperti teknik memijat tangan.

* Pijatan punggung untuk memperkuat otot yang menyangga tulang belakang. Pijat dengan gerakan maju mundur menggunakan kedua telapak tangan di sepanjang punggung bayi, luncurkan salah satu telapak tangan dari leher sampai ke pantat bayi dengan sedikit tekanan. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari, terutama pada otot di sebelah tulang belakang. Buat pijatan memanjang dengan telapak tangan dari leher ke kaki untuk mengakhiri pijatan.
sumber : .: Selamat datang di website Keluarga Sehat :

MelaniCyber.Com

331Jika anak terkena diare harus segera ditangani untuk mencegah penderita mengalami dehidrasi. Berikut ini adalah terapi atau tindakan pertolongan pertama yang bisa dilakukan oleh orang tua di rumah kepada anak penderita diare tanpa dehidrasi.

1. Berikan anak lebih banyak cairan daripada biasanya untuk mencegah dehidrasi

  • Gunakan cairan rumah tangga yang dianjurkan, seperti larutan oralit, makanan yang cair (seperti sup, air tajin) dan kalau tidak ada air matang.
  • Sesuaikan jumlah pemberian larutan oralit untuk anak seperti dijelaskan di bawah (catatan jika anak berusia kurang dari 6 bulan dan belum makan makanan padat lebih baik diberi oralit dan air matang dari pada makanan yang cair).
  • Berikan larutan ini sebanyak anak mau, berikan jumlah larutan oralit seperti di bawah.
  • Teruskan pemberian larutan ini hingga diare berhenti.

2. Beri anak makan untuk mencegah kurang gizi

  • Teruskan pemberian ASI
  • Bila anak sudah tidak mendapat ASI berikan susu yang biasa diberikan, untuk anak kurang dari 6 bulan dan belum mendapat makanan padat, dapat diberikan susu.
  • Bila anak 6 bulan atau lebih atau telah mendapat makanan padat :
    • Berikan bubur bila mungkin dicampur dengan kacang-kacangan, sayur, daging atau ikan, tambahkan 1 atau 2 sendok teh minyak sayur tiap porsi.
    • Berikan sari buah segar atau pisang halus untuk menambahkan kalium.
    • Berikan makanan yang segar masak dan haluskan atau tumbuk makanan dengan baik.
    • Bujuk anak untuk makan, berikan makanan sedikitnya 6 kali sehari.
    • Berikan makanan yang sama setelah diare berhenti, dan diberikan porsi makanan tambahan setiap hari selama 2 minggu.

3. Bawa anak kepada petugas kesehatan bila kondisi anak tidak membaik dalam 3 hari, atau bila si anak menderita sebagai berikut :

  • Buang air besar cair lebih sering
  • Muntah berulang-ulang
  • Rasa haus yang nyata
  • Makan atau minum sedikit
  • Demam
  • Tinja berdarah

Jumlah oralit yang diberikan setiap habis buang air besar :

Umur

Jumlah oralit yang diberikan Jumlah oralit yang disediakan
<> 5 Tahun Dewasa 50 -100 ml 100 - 200 ml 200 - 300 ml 300 - 400 ml 400 ml /hari ( 2 bungkus) 600 - 800 ml/ hari ( 3-4 bungkus) 800 - 1000 ml/hari ( 4-5 bungkus) 1200 -2800 ml / hari

Cara memberikan oralit :

  • Berikan sesendok the tiap 1-2 menit untuk anak dibawah umur 2 tahun.
  • Berikan beberapa teguk dari gelas untuk anak lebih tua.
  • Bila anak muntah, tunggulah 10 menit kemudian berikan cairan lebih lama (misalnya sesendok tiap 2-3 menit.
  • Bila diare berlanjut setelah oralit habis, untuk sementara bisa digunakan cairan lain (seperti sup, air tajin atau air matang) dan segera hubungi petugas kesehatan untuk mendapat tambahan oralit.

by: SmallCrab.com

Manfaat Kunyit

kunyitKunyit atau Curcuma longa Linn. atau Curcuma domestica Val. Familia : Zingiberaceae Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Nama Lokal : Saffron (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia); Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura); Kandungan Kimia : Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Penggunaan Untuk Obat : 1. Diabetes mellitus

  • Bahan: 3 rimpang kunyit, 1/2 sendok the garam
  • Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.
  • Cara menggunakan: diminum 2 kali seminggu 1/2 gelas.

2. Tifus

  • Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto
  • Cara membuat: Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan dipipis, kemudian ditambah 1 gelas air masak yang masih hangat, dan disaring.
  • Cara mengunakan: diminum, dan dilakukan selama 1 minggu berturut-turut.

3. Usus buntu

  • Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir buah jeruk nipis, 1 potong gula kelapa/aren. Garam secukupnya.
  • Cara membuat: Kunyit diparut dan jeruk nipis diperas, kemudian dicampur dengan bahan yang lain dan disedu dengan 1 gelas air panas, kemudian disaring.
  • Cara menggunakan:diminum setiap pagi setelah makan, secara teratur.

4. Disentri

  • Bahan: 1-2 rimpang kunyit, gambir dan kapur sirih secukupnya
  • Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
  • Cara menggunakan:diminum dan diulangi sampai sembuh.

5. Sakit Keputihan

  • Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren.
  • Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.
  • Cara menggunakan:diminum 1 gelas sehari.

6. Haid tidak lancar

  • Bahan: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok Teh ketumbar, 1/2 sendok Teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading.
  • Cara membuat: semua bahan tersebut ditumbuk halus kemudian direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring
  • Cara menggunakan: diminum 1 gelas sehari.

7. Perut mulas pada saat haid

  • Bahan: 1 rimpang kunyit sebesar 4 cm, 1 rimpang jahe sebesar 4 cm, 1/2 rimpang kencur sebesar 4 cm
  • Cara membuat: semua bahan tersebut dicuci bersih dan diparut untuk diambil airnya, kemudian di tambah dengan perasan jeruk nipis, diseduh dengan 1/2 gelas air panas dan disaring.
  • Cara menggunakan: ditambah garam dan gula secukupnya dan diminum pada hari pertama haid.

8. Memperlancar ASI

  • Bahan: 1 rimpang kunyit
  • Cara membuat: kunyit ditumbuk sampai halus
  • Cara menggunakan: dioleskan sebagai kompres diseputar buah dada 1 kali setiap 2 hari.

9. Cangkrang (Waterproken)

  • Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng,
  • Cara Membuat: semua bahan tersebut ditumbuk sampai halus
  • Cara menggunakan: dioleskan pada bagian yang kena cangkrang.

10. Amandel

  • Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok madu
  • Cara membuat: Kunyit diparut, jeruk diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat, diaduk sampai merata dan disaring
  • Cara menggunakan:diminum secara rutin 2 hari sekali.

11. Berak lendir

  • Bahan: 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih
  • Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring.
  • Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.

12. Morbili

  • Bahan: 1 rimpang kunyit dan 1 rimpang dringo bengle
  • Cara membuat: kedua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus
  • Cara menggunakan:dioleskan pada seluruh badan sebagai bedak

by: SmallCrab.Com

362-rotescharlottenDIABETES mellitus (DM) yang sering disebut orang awam “kencing manis”, merupakan sejumlah gangguan yang memiliki ciri-ciri khas utama tingginya kadar gula dalam darah. Diabetes berarti “mengalir terus” karena penderitanya selalu minum dan dalam jumlah banyak, kemudian mengalir terus berupa urin alias kencing. Sementara mellitus berarti “manis”, sebab urin penderitanya mengandung glukosa alias gula darah yang berasa manis. PADA dasarnya, DM disebabkan oleh hormon insulin penderita yang tak mencukupi atau tidak efektif sehingga tak dapat bekerja normal. Padahal, pada orang normal, insulin mempunyai peran utama mengatur kadar gula dalam darah; sekitar 60-120 mg/dl dalam keadaan puasa, dan di bawah 140 mg/dl pada dua jam sesudah makan. Ada dua kategori DM yang paling umum, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1, DM yang diidap oleh 5-10 persen penderita, biasanya terjadi pada anak-anak atau orang dewasa muda. Sementara diabetes tipe 2, DM yang diidap oleh 90-95 persen dari semua penderita diabetes, meningkat dalam jumlah, khususnya pada populasi minoritas. Diabetes dijumpai pada semua kelompok populasi dan umur, tetapi meningkat dalam jumlah penderita pada kelompok lansia (lanjut usia) dan orang-orang berkulit hitam, Hispanic, penduduk asli Amerika, dan orang-orang Asia.

The Congressionally-Established Diabetes Research Working Group (1999) melaporkan bahwa walaupun kematian karena penyakit-penyakit kanker, stroke, dan kardiovaskular cenderung berkurang sejak 1988, angka kematian karena diabetes naik sekitar 30 persen. Usia harapan hidup orang-orang yang menderita diabetes rata-rata 15 tahun lebih pendek dari orang-orang yang tidak menderita. Di Indonesia, terutama di masyarakat kota, diabetes tergolong penyakit yang menonjol saat ini. Penelitian Waspadji tahun 1982 menemukan, ada 1,7 persen penderita diabetes di Jakarta, dan tahun 1992 naik menjadi 5,7 persen. Penelitian epidemiologi di Depok tahun 2001-kerja sama Perkeni (Perkumpulan Endokrinolog Indonesia) dan Departemen Kesehatan-mendapatkan jumlah penderita diabetes 6,2 persen. (Kompas, 5 November 2001). Kasus diabetes paling banyak di Indonesia dijumpai di Manado yang mencapai 6,1 persen. (Kompas, 29 Mei 2002). Berdasarkan catatan WHO tahun 1998, jumlah penderita diabetes di Indonesia menduduki peringkat ke-6 terbanyak di dunia setelah India, Cina, Rusia, Jepang, dan Brazil. Jumlah penderita diabetes di Indonesia diperkirakan akan meningkat menjadi 12 juta jiwa dalam tahun 2025. Peningkatan 250 persen dari 5 juta penderita pada tahun 1995 itu terjadi akibat meningkatnya populasi penduduk lansia dan perubahan pola hidup, mulai dari jenis makanan yang dikonsumsi sampai berkurangnya aktivitas fisik. Selama berabad-abad, lebih dari 400 tanaman berhasil dikenali sebagai “obat” diabetes. Di Eropa, Asia, dan Timur Tengah, bawang merah mentah sudah lama dijadikan makanan pilihan favorit untuk mengendalikan gula darah. Di Puerto Rico, Kuba, dan Santo Domingo, paria telah digunakan secara luas sebagai “obat” tradisional untuk diabetes. Studi mutakhir membuktikan bahwa konsumsi makanan tinggi serat, khususnya serat larut, dapat memperbaiki kontrol terhadap gula dalam darah penderita diabetes tipe 2. Studi tersebut dilakukan oleh dr Manisha Chandalia dan kolega-koleganya dari Bagian Ilmu Penyakit Dalam dan Pusat Gizi Manusia, University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, Amerika Serikat. Khasiat tolbutamide dalam bawang merah Bawang merah sudah lama menduduki tempat terhormat dalam ilmu kedokteran sebagai “obat” diabetes. Penelitian-penelitian modern memperlihatkan, bawang merah memiliki “kekuatan” menurunkan gula darah, dan dayanya dimiliki pada kadar yang ditemukan dalam makanan. Para peneliti India yang melakukan pemberian bawang merah, baik berupa jus maupun bawang merah “bulat” alias masih utuh, sebesar 25-200 gram pada subjek yang ditelitinya, mendapatkan bahwa makin banyak bawang merah yang diberikan, makin besar gula darah yang berkurang. Tak ada perbedaan antara bawang merah mentah dan bawang merah yang telah direbus. Menurut teori tim peneliti, bawang merah mempengaruhi metabolisme gula dalam hati, atau metabolisme pelepasan insulin, dan/atau mencegah perusakan insulin. “Agen” yang mungkin mempunyai kemampuan hipoglikemia, menurunkan kadar gula darah, aktif itu adalah allyl propyl disulfide dan allicin. Bukti eksperimen dan klinis menunjukkan bahwa allyl propyl disulfide menurunkan gula darah dengan cara meningkatkan “masa hidup” (lifespan) insulin. Sebenarnya, sudah sejak tahun 1923 ilmuwan-ilmuwan mendeteksi terdapatnya depressor gula darah dalam bawang merah, dan pada 1960-an, para peneliti berhasil mengisolasi senyawa antidiabetes dari bawang merah yang bekerja mirip dengan obat farmasi antidiabetes umum, dikenal sebagai tolbutamide, yang sering dipakai untuk mengurangi kadar gula darah. Cara kerja tolbutamide ialah merangsang sintesis dan pengeluaran insulin. Pada kelinci percobaan, ekstrak bawang merah memperlihatkan, 77 persen sama efektifnya dengan dosis standar tolbutamide. Hasil penelitian lain menunjukkan, bawang merah mempunyai efek menurunkan gula dan lemak darah. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menambahkan bawang merah ke dalam setiap hidangan makanan. Bawang merah dapat digunakan setelah makan dalam jumlah bebas. Serat larut dalam makanan alami Tingginya kadar gula darah merupakan masalah utama pada diabetes. Riset membuktikan bahwa serat memiliki efek kuat terhadap pengendalian gula darah. Pada studi yang dilakukan Chandalia et al, 13 penderita diabetes tipe 2 diminta mengikuti dua jenis diet, masing-masing selama enam minggu. Diet pertama adalah diet yang mengandung serat dalam jumlah moderat (total serat 24 g; 8 g serat larut dan 16 g serat tidak larut), sebagaimana dianjurkan American Diabetes Association. Sementara, diet kedua ialah diet tinggi serat (total serat 50 g; masing-masing 25 g serat larut dan serat tak larut) yang mengandung susunan makanan alami sarat serat. Kedua diet, yang disiapkan di dapur riset, mengandung zat gizi makro dan energi yang sama (lihat Tabel). Chandalia dkk kemudian membandingkan efek dari dua diet tersebut terhadap kontrol gula darah dan kadar lemak darah. Hasilnya? Penderita-penderita diabetes yang mengonsumsi total serat 50 g sehari-sama dengan 7 hingga 8 porsi buah dan sayuran-alias diet tinggi serat mempunyai kadar gula darah lebih rendah dan lebih stabil daripada penderita-penderita diabetes yang mengonsumsi diet moderat serat. Diet tinggi serat juga menurunkan kadar kolesterol total darah sekitar 7 persen. Bagaimana mekanisme tepatnya konsumsi makanan tinggi serat dapat memperbaiki pengendalian gula darah, belum jelas. Namun, hal tersebut diduga disebabkan oleh serat larut jenis gum dan pektin yang dapat memperlambat pengosongan lambung, dan bahkan memperlambat atau menurunkan penyerapan gula darah. Studi Chandalia dkk menunjukkan pula bahwa asupan (intake) serat larut yang tinggi mungkin dicapai dengan mengonsumsi makanan alami yang sarat serat. Diet tinggi serat dan sedikit efek sampingnya dapat diterima dengan baik oleh para penderita. Oleh karena itu, untuk meningkatkan konsumsi seratnya, para penderita diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan alami sarat serat dibandingkan dengan preparat atau suplemen serat. Makanan-makanan sarat serat yang digunakan untuk diet tinggi serat dalam penelitian Chandalia dan kawan-kawan adalah buah berupa sajian koktail, jeruk segar, nanas segar, pepaya segar, buah persik (peach) segar, buah ceri, tomat segar, jagung, zucchini, kacang hijau, roti whole-wheat, dan havermout (oatmeal dan oat bran). Buah terutama jeruk dan nanas, kacang hijau, dan havermout merupakan sumber serat larut yang andal.

Nurfi Afriansyah, Peneliti pada Pusat Litbang Gizi dan Makanan Depkes RI

Commission on Scientific Signs of Qur’an & Sunnah Adalah lembaga pengkajian aspek Sains & teknologi dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Didirikan pada tahun 1987 di bawah suvervisi Rabithah Alam Islami di Makkah Al-Mukarromah. Penggagasnya adalah seorang ulama asal Yaman, Syekh Abdul Majid Zendani. Beliau adalah seorang ahli farmasi yang sangat menguasasi sains moderen, tafsir dan hadits. Sekarang dipimpin oleh Syekh Dr. Abdullah Al-Mushlih, seorang ulama Saudi Arabia. *** Majalah madu3Al-I’jaz Al-Ilmi No 30, Jumadil Akhir 1429 Seorang dokter wanita Amerika sampai kepada suatu kebenaran/kepastian yang disebutkan Al-Qur’an Al-Karim dan dijelaskan Rasul Saw lebih dari 14 abad silam. Kebenaran tersebut ialah bahwa di dalam madu lebah terdapat kandungan obat untuk manusia. Pengobatan terhadap penyakit diabetes merupakan bagian manfaat medis yang luar biasa yang terkandung dalam madu lebah yang sudah menjadi rekomendasi dalam dunia kedokteran Islam. Yang baru dari penemuan tersebut ialah bahwa kalangan ilmuan Amerika merekomendasikan keharusan merujuk (menjadikan referensi) kepada warisan Islam terkait dengan pengobatan melalui madu lebah. Pada tahun 2002, Catherina Hulbert, seorang warga Negara Amerika mengalami kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kakinya luka parah. Saat kecelakaan itu dia sudah menderita penyakit diabetes. Sebab itu, luka yang dideritanya tidak kunjung sembuh kendati sudah mengkonsusmsi berbagai obat dan anti biotic. Kondisi seperti itu dia alami selama delapan bulan. Setelah melihat kondisi lukanya yang tak kunjung membaik, maka Dr Jennifer Eddy dari fakultas kedokteran Universitas Wisconsin menganjurkan untuk menggunakan madu lebah sebagai obat yang dioleskan di tempat luka. Setelah beberapa bulan melakukan pengabotan dengan madu lebah tersebut luka kaki Catherina Hulbert-pun sembuh total. Kasus tersebut menyebabkan Dr Jennifer Eddy memperoleh dukungan dari Akedemi Amerika Untuk Dokter Keluarga di wilayah Wisconsin untuk meneruskan kajiannya khusus pengobatan melalui madu lebah. Dr Jennifer juga menjelaskan, sebelumnya dia juga pernah mengobati salah seorang pasien diabetes yang sedang menghadapi fonis amputasi setelah berbagai pengobatan yang dijalankan sang pasien mengalami kegagalan. Dr Jennifer juga menambahkan bahwa terbuktilah sudah di kalangan para ahli medis bahwa mengobati luka akibat diabetes dengan madu lebah memiliki manfaat yang banyak, khususnya bagi para pengidap penyakit diabetes di dunia saat ini jumlah mereka mencapai sekitar 200 juta orang. 15 % dari mereka mengalami sampai ke tingkat “tukak” (membusuk) sebagai akibat dari hilangnya rasa di kaki mereka. Sedangkan persentase operasi amputasi bagi para penderita diabetes secara internasional diperkitakan terjadi setiap setengah menit satu kali. Adapun biaya operasi amputasi di Amerika saja mencapai USD 11 juta pertahun. Jennifer menambahkan, kasus Catherina Hulbert merupakan contoh nyata bagi para penderita diabetes yang mungkin diselamatkan dari kehilangan anggota tubuh mereka dengan biaya yang sangat ringan. Seperti yang diketahui bahwa penderita diabetes mengalami penurunan kelancaran darah dalam pembulu darah mereka dan lemahnya tingkat imunitas terhadap berbagai penyakit. Ditambah lagi antibiotic yang diberikan untuk mengobati luka diabetes tidak bermanfaat disebabkan bakteri Staphylococcus Aurous akan membentuk perlawanannya sendiri. Sedangkan madu lebah menciptakan perlawanan terhadap bacteria dengan berbagai cara. Sebab itu dianggap sebagai pengabatan paling efektif bagi penyembuhan luka akibat diabetes. Dalam madu lebah juga terdapat zat asam yang mudah berinteraksi dan tinkat kelembaban yang rendah sehingga menyebabkan madu lebah tersebut mudah membunuh bacteria. Di tambah lagi adanya enzim yang mengeluarkan acid hydrogen yang berfungsi membersihkan luka sehingga mudah membunh semua bacteria yang ada. Akhirnya kita tutup dengan ungkapan : Sesungguhnya pengobatan dengan madu lebah telah menjadi masalah yang sangat menarik perhatian para ilmuan di bidang kesehatan secara mendunia, khususnya pusat-pusat yang memerangi berbagai penyakit dan organisasi-organisasi kesehatan intrnasional di tengah meningkatnya macam-macan bacteria yang mampu melawan obat-obat antibiotic lainnya. Dr Jennifer juga menekankan keharusan mendahulukan pengobatan dengan madu karena pembusukan (tukak) akibat diabetes bukan perkara mudah. Sungguh benarlah firman Allah dalam Al-Qur’an suat Annah : 68 – 69 : Yang artinya: Dan Tuhan Penciptamu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia”.(68) Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”. (QS Annahl : 68 – 69) dikutip dari: thibunnabawi.com

sirihSirih merah atau bahasa Latinnya Piper crocatum, kini hadir tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga tanaman obat tradisional penderita kencing manis (diabetes mellitus - DM).

Masyarakat Sleman, Yogyakarta khususnya, telah memanfaatkan khasiat daun sirih merah ini turun temurun. Secara empiris, selain kencing manis, daun sirih merah sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif ambeien, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (darah tinggi), hepatitis, kelelahan dan maag.

Senyawa fitokimia yang terkandung dalam daun sirih merah yakni alkoloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Menurut Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” senyawa aktif alkoloid dan flavonoid memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. Hara (1993) menyatakan senyawa tanin dan saponin dapat dipakai sebagai antimikroba (bakteri dan virus).

Ciri khas tanaman tropis ini, berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun mengkilap dan tidak merata. Seperti sirih hijau, tanaman sirih merah juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Daunnya berasa pahit getar, namun beraroma lebih wangi dibanding sirih hijau. Bila disobek, daun sirih merah akan berlendir.

Tanaman sirih merah menyukai tempat teduh, berhawa sejuk dan sinar matahari 60-75 persen. Tanaman sirih merah tumbuh subur dan bagus di daerah pegunungan. Bila tumbuh pada daerah panas, sinar matahari langsung, batangnya cepat mengering. Selain itu, warna merah daunnya akan pudar. Padahal kemungkinan khasiatnya terletak pada senyawa kimia yang terkandung dalam warna merah daunnya.

Aman dikonsumsi

Peneliti muda dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Mega Safithri dan Farah Fahma telah meneliti toksisitas ekstrak air daun merah dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus.

Pembuatan ekstrak daun sirih merah sangatlah mudah.

Sebanyak 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1.

Untuk mengetahui tingkat keamanan dan efek samping daun yang bersifat antiseptik ini, Mega melakukan uji toksisitas. Ekstrak dengan konsentrasi 0, 5, 10, 20 gram per kilogram bobot badan diberikan secara oral pada masing-masing enam ekor tikus Sparague dawley. Setelah tujuh hari pencekokan, bobot tubuh ke-24 tikus tersebut bertambah dan sehat wal-alfiat. Berarti, pemberian ekstrak hingga dosis 20 gram per kilogram berat badan aman dan tidak bersifat toksik (beracun).

Dosis tepat sebagai obat diabetes mellitus, bisa ditentukan melalui uji antihiperglikemik pada enam kelompok tikus. Masing-masing kelompok terdiri dari empat ekor tikus. Kelompok A terdiri tikus yang mendapat induksi NaCl 0,9 persen berat per volume dan cekok akuades. Kelompok B berisi tikus yang diinduksi aloksan dosis 150 miligram per kilogram berat badan dan cekok akuades.

Dalam percobaan, tikus disengaja agar menderita penyakit diabetes melllitus, dengan pemberian aloksan dosis 150 miligram per kilogram berat badan.

Kelompok C berisi tikus yang diinduksi aloksan dosis 150 miligram per kilogram berat badan dan cekok obat antidiabetes komersial Daonil 3,22 miligram per kilogram. Kelompok D, E, F berisi tikus yang diinduksi aloksan dosis 150 miligram per kilogram berat badan dan berturut-turut cekok ekstrak daun sirih merah 100 x dosis Daonil, 1.000 x dosis Daonil, dan 20 gram per kilogram berat badan.

Perlakuan tersebut berlangsung selama 10 hari. Hasilnya, kadar glukosa darah kelompok tikus E dan F menunjukkan tidak berbeda nyata atau sama dengan kelompok tikus normal. Ekstrak daun sirih merah dosis 20 gram per kilogram berat badan mampu menurunkan kadar glukosa darah tikus sebesar 34, 3 persen. Lebih tinggi penurunnya dibanding pemberian obat anti diabetes militus komesial Daonil 3,22 miligram per kilogram yang hanya menurunkan 27 persen glukosa darah tikus.

Hasil penelitian ini bisa diaplikasikan pada manusia penderita diabetes. Dosisnya ialah berat badan penderita dikalikan dengan 20 gram per kilogram berat badan. Jika berat badan penderita dikalikan degan 20 miligram per kilogram berat badan. Jika berat badan penderita 50 kilogram, ia membutuhkan 1 kilogram daun sirih merah segar atau 500 ml ekstrak air rebusan. Ektrak ini bisa diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore sebanyak 250 ml.

# Uji klinis pada penderita kencing manis belum pernah dilakukan #

by: SmallCrab.Com

Buah pepaya selama ini hanya dikenal sebagai buah pencuci mulut. Namun kini, hasil penelitian membuktikan lain. Dari akar hingga daun pepaya memberikan manfaat yang sangat besar bagi manusia. Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga sebagai bahan dasar kosmetik, dan mampu melawan kanker.

Sebenarnya, pepaya bukan tanaman asli Indonesia. Pepaya merupakan tanaman dari famili caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah. Tanaman ini banyak tumbuh di Meksiko dan Costa Rica. Tanaman tersebut bisa tumbuh subur di daerah tropis maupun sub tropis. Baahkan, tanaman buah ini bisa tumbuh dan berkembang di daerah-daerah basah dan kering, dataran rendah maupun dataran tinggi, seeperti daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1000 meter dari permukaan laut.

Tinggi tanaman ini bisa mencapai 8-10 meter, tergantung dari besar kecilnya kadar air dan unsur hara dalam tanah. Di Indonesia, sentra pengembangan pepaya terdapat di hampir seluruh Pulau Jawa, Sumatra Selatan, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

1. Kandungan Pepaya

Buah pepaya mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi tubuh. Seperti aneka vitamin, betakaroten, protein, lemak dan berbagai enzim dan senyawa yang sangat berguna bagi tubuh manusia. “Tetapi menurut saya, yang paling banyak terdapat dalam pepaya adalah vitamin A dan betakaroten. Fungsi betakaroten adalah sebagai antioksidan,” jelas Bambang S. Djokolelono, seorang herbalis dan holistic instruktur yang memiliki sebuah klinik pengobatan di kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Senyawa paling terkenal yang terkandung dalam pepaya adalah papain. Senyawa ini terkenal karena fungsinya sebagai proteolitik atau enzim pemecah protein. Papain sekarang sudah banyak dipergunakan dalam industri, sebagai bahan obat-obatan, kosmetik dan tekstil. Buah pepaya merupakan penghasil papain terbanyak, yakni sekitar 400 milk clotting units (MCU) gram. Beda dengan bagian batang dan daun pepaya yang hanya menghasilkan 200 MCU/gram.

Ada tiga macam papain yang diproduksi pepaya. Papain kasar (crude papain), papain bersih (refined papain) dan papain murni (pure papain). Untuk mendapatkan papain terbaik, pihak Botanical Derivatives Catalogue Amerika Serikat telah menetapkan standar mutu papain. Jika papain yang dihasilkan sebuah perusahaan atau negara tidak memenuhi standar yang ditntukan, dianggap tidak layak untuk memasuki pasaran Amerika dan Eropa. Hanya saja, tidak ada kejelasan bagaimana caranya menentukan standar mutu papain yang ingin dicapai.

2. Manfaat Pepaya

Sebagai seseorang yang telah menggeluti dunia herbal sejak tahun 2002, Bambang mengakui, di balik rasa enaknya, pepaya mempunyai berbagai manfaat. “Para ibu rumah tangga mungkin sudah tahu salah stu manfaat getah buah pepaya. Ternyata, getah yang berasal dri buah pepaya bisa digunakan untuk mempercepat proses pelunakan daging. Sementara buah pepaya matang, sangat berguna untuk memperlancar proses pencernaan,” jelasnya.

Menurut Bambang, masalah pecernaan sangat penting. Kalau hal ini tidak segera diatasi, maka akan menjalar ke bagian tubuh yang lain. Itu sebabnya, di China dikembangkan pola pengobatan tradisional yang menggunakan pepaya sebagai bahan dasar obat-obatan. Terutama untuk mengatasi gangguan pencernaan, herbalis ini menganjurkan untuk meminum ramuan yang terbuat dari pepaya.

Caranya, ambil buah pepaya dengan ukuran tertentu. Gunakan buah pepaya yang masih memiliki kulit dan biji lantas diblender hingga diperoleh cairan halus. Kemudian saring airnya dan minum sebanyak 200 cc setiap tiga hari. Bagi yang mengalami kesulitan pencernaan, ramuan ini diyakini mampu memperlancar proses pencernaan hanya dalam beberapa hari.

Ternyata, buah pepaya tidak hanya digunakan untuk mmemperlancar proses pencernaan. Pada tahun 1997, Yayasan Kanker International mengumumkan bahwa kandungan Vitamin C dan karoten dalam buah pepaya, mampu mencegah kanker. Selain itu, buah pepaya juga dapat dimanfaatkan melawan kanker kolon, kanker pankreas, kanker kantung kemih dan kanker payudara, selain mampu mengurangi radikal bebas yang menjadi biang kanker.

Pepaya tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. Saat ini kandungan papain dalam pepaya sudah dikembangkan untuk bahan kecantikan. Papain menjadi bahan dasar pembuatan krim dan pembersih muka. Karena papain dipercaya mampu melarutkan sel-sel mati yang melekat pad kulit terlepas. Seperti noda dan flek pada kulit. Papain juga digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi, karena fungsinya yang dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat di gigi

Pepaya juga dapat digunakan sebagai bahan dasar obat jerawat. Caranya, ambil daun pepaya yang sudah tua kemudian dijemur hingga kering lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditambahkan satu setengah sendok air sebelum dioleskan pada bagian wajah yang ditumbuhi jerawat.

Kalau daun pepaya mampu mengatasi jerawat, getah pepaya sangat mujarab untuk mengobati telapak kaki yang pecah. Caranya, sering-seringlah mengoleskan getah pepaya pada telapak kaki yang pecah sampai sembuh.

Dikutip dari: forum.indogamers.us

bagian_otak
Otak adalah pusat kehidupan. Segala aktivitas kehidupan, hingga yang sekecil-kecilnya, hanya bisa terjadi melalui mekanisme yang diatur oleh otak. Dalam waktu yang bersamaan otak harus menjalankan beribu-ribu aktivitas sekaligus. Saat tiba-tiba mendengar suara klakson dari belakang maka secepat kilat otak menyuruh kaki meloncat ke tepi, menyuruh leher menoleh ke belakang, menyuruh mata membelalak, menyuruh otot-otot menegang untuk mengatasi situasi darurat, menyuruh jantung memompa darah lebih kencang, menyuruh hidung tetap bernafas, dan masih banyak lagi yang harus diaturnya, bahkan terkadang masih sempat-sempatnya menyuruh mulut memaki.

Semua itu dapat dilaksanakan bersamaan karena diatur oleh bagian otak yang berbeda-beda. Ya, otak memiliki banyak bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda. Secara garis besar otak terbagi atas tiga bagian, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Masing-masing bagian terbagi lagi menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, lebih kecil lagi, dan lebih kecil lagi. Seperti bagian-bagian tubuh lain, otak bisa terkena tumor maupun kanker. Bedanya, jika pada bagian tubuh lain tumor jinak kadang tidak mengganggu dan tidak berbahaya, di otak tumor jinak pun bisa sangat mengganggu dan membahayakan nyawa.


Banyaknya bagian otak yang memiliki fungsi pengaturan tubuh yang berbeda-beda membuat tumor dan kanker otak memiliki gejala yang sangat variatif. Gejala yang muncul sangat tergantung di bagian otak mana tumor tersebut muncul.

Gejala umum tumor dan kanker otak adalah sebagai berikut:


Gejala Serebral Umum

Dapat berupa perubahan mental yang ringan (psikomotor asthenia), yang dapat dirasakan oleh keluarga dekat penderita berupa: mudah tersinggung, emosi, labil, pelupa, perlambatan aktivitas mental dan sosial, kehilangan inisiatif dan spontanitas, mungkin diketemukan ansietas dan depresi. Gejala ini berjalan progresif dan dapat dijumpai pada 2/3 kasus.


Nyeri Kepala

Diperkirakan 1% penyebab nyeri kepala adalah tumor otak dan 30% gejala awal tumor otak adalah nyeri kepala. Sifat nyeri kepala bervariasi dari ringan dan episodik sampai berat dan berdenyut, umumnya bertambah berat pada malam hari dan pada saat bangun tidur pagi serta pada keadaan dimana terjadi peninggian tekanan tinggi intrakranial. Adanya nyeri kepala dengan psikomotor asthenia perlu dicurigai tumor otak.


Muntah

Terdapat pada 30% kasus dan umumnya meyertai nyeri kepala. Kejang

Bangkitan kejang dapat merupakan gejala awal dari tumor otak pada 25% kasus, dan lebih dari 35% kasus pada stadium lanjut. Diperkirakan 2% penyebab bangkitan kejang adalah tumor otak.


Perlu dicurigai penyebab bangkitan kejang adalah tumor otak bila:

- Mengalami status epilepsi

Bangkitan kejang ditemui pada 70% tumor otak di korteks, 50% pasien dengan astrositoma, 40% pada pasien meningioma, dan 25% pada glioblastoma.


Sumber : www.terapikanker.com

Memakan kenari diduga memberi tubuh asam lemak esensial omega-3, anti-oksidan, dan phytosterol, zat yang mengurangi resiko kanker payudara, demikian hasil satu studi yang disajikan Selasa (21/4) pada Pertemuan Tahunan Ke-100 2009 Asosiauntuk Riset Kanker Amerika.

Phytosterol (yang juga disebut plant sterol) merupakan sekelompok alkohol steroid, phytochemical alamiah yang terdapat pada tanaman.

Phytosterol berbentuk bubuk putih dengan aroma khas yang tak menyengat tidak larut di dalam air dan larut di dalam alkohol. Zat tersebut memiliki banyak manfaat, misalnya sebagai bahan tambahan makanan guna menurunkan kadar kolesterol, serta pada obat dan kosmetika.

Elaine Hardman, pembantu profesor di bidang obat di "Marshall University School of Medicine", mengatakan, meskipun studinya dilakukan pada hewan laboratorium dan bukan manusia, orang mesti memperhatikan saran agar makan lebih banyak kenari.

"Kenari lebih baik daripada kue, buah segar, atau keripik kentang ketika anda memerlukan kudapan," kata Hardman.

Hardman dan rekannya mengkaji tikus yang diberi makan makanan yang mereka perkirakan sama dengan porsi manusia, dua ons kenari per hari. Satu kelompok terpisah tikus diberi makanan yang dipantau.

Pemeriksaan standard memperlihatkan konsumsi kenari secara mencolok menurunkan peristiwa tumor payudara, jumlah kelenjar tumor dan ukuran tumor.

"Tikus laboratorium ini secara khusus memiliki 100 persen peristiwa tumor dalam lima bulan; konsumsi kenari menghambat perkembangan tumor itu sampai setidaknya tiga pekan," kata Hardman.

Analisis molekuler memperlihatkan, peningkatan konsumsi asam lemak omega-3 memberi sumbangan pada penurunan peristiwa tumor, tapi beberapa bagian lain kenari juga memberi sumbangan.

"Dengan campur-tangan makanan, anda menyaksikan banyak mekanisme ketika berurusan dengan seluruh makanan," kata Hardman. "Jelas bahwa kenari memberi sumbangan bagi makanan sehat sehingga dapat mengurangi kanker payudara." (kompas.com)

Tanaman Pelawan Kanker

TERAPI ALAM
Dari Kunyit Putih hingga Benalu

Kunyit Putih
Kunyit putih diyakini memiliki khasiat antikanker. Meski demikian cuma kunyit putih jenis mangga (Curcuma mangga) yang tumbuh terbatas di tempat yang bersuhu dingin di Indonesia, yang dapat mencegah atau mengobati kanker. Kunyit putih ini mempunyai ciri tertentu, antara lain bintik umbinya seperti umbi jahe dan berwarna kuning muda (krem). Dalam keadaan segar baunya seperti buah mangga kweni dan bila telah diekstrak atau dijadikan bubuk, warnanya tetap kuning muda (krem).

Tapak dara
Tapak dara (Catharanthus roseus) telah teruji sebagai bahan pencegah dan penumpas sel kanker. Tanaman yang masih termasuk keluarga Apocynaceae atau kamboja-kambojaan ini mengandung dua senyawa golongan alkaloid vinka yakni vinkristin dan vinblastin yang berkhasiat menghambat perbanyakan dan penyebaran sel kanker.
Vinkristin digunakan sebagai bahan pengobatan kanker bronkial, tumor ganas pada ginjal, kanker payudara, dan berbagai jenis tumor ganas yang awalnya menyerang urat saraf maupun otot. Tanaman yang di Sumatera disebut rumput jalang itu juga mengandung alkaloid cabtharanthin yang diperkirakan dapat mendesak dan melarutkan inti sel kanker.

Penggunaan Tapak dara Untuk Obat cancer
Sebagai obat kanker payudara, rebus 22 lembar daun tapak dara dan buah adas (Foeniculum vulgare) serta kulit kayu pulasari (Alyxia reinwardti) dengan tiga gelas air. Bubuhi gula merah secukupnya. Setelah mendidih sampai tinggal setengahnya, saring. Ramuan diminum tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.
Pengobatan dilakukan paling tidak selama sebulan.

Keladi tikus
Keladi tikus (Typhonium Flagelliforme/Rodent Tuber) juga telah diteliti sebagai tanaman obat yang dapat menghentikan dan mengobati berbagai penyakit kanker. Untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, tiga batang keladi tikus lengkap dengan daunnya (kurang lebih 50 gram) direndam selama 30 menit, tumbuk halus dan peras. Air perasan ini disaring lalu diminum. Di Malaysia, sudah ada uji ilmiah khasiat keladi tikus. Bahkan ekstrak keladi tikus dalam bentuk pil dan teh bubuk yang dikombinasikan dengan tanaman lainnya dalam dosis tertentu, sudah dipasarkan di negeri jiran tersebut.

Temu lawak
Air perasan temu lawak (Curcuma Zedoaria) juga mujarab sebagai obat kanker. Menurut Andrew Chevallier Mnimh, herbalis asal London, dalam temulawak terkandung curcumol dan curdione yang berkhasiat antikanker dan antitumor. Di Cina, temulawak telah lama digunakan sebagai obat kanker leher rahim. Tanaman ini bisa meningkatkan efek mematikan sel kanker ketika dilakukan radioterapi dan kemoterapi.

Mengkudu
Mengkudu juga tengah populer sebagai tanaman obat-obatan yang manjur. Daging buah mengkudu atau pace (Morinda citrifolia L.) mengandung dammacanthel, zat antikanker yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium prakanker dan dapat mencegah perkembangan sel kanker. Sari dari perasan dua atau tiga buah mengkudu dapat dibubuhi madu agar rasanya lebih nikmat. Sebaiknya pilihlah mengkudu yang tidak terlalu masak karena alkohol yang terbentuk akibat proses fermentasi pada mengkudu yang terlalu masak merusak zat-zat penting yang terkandung di dalamnya.

Daun dewa
Daun dewa (Gynura divaricata) juga merupakan tanaman yang telah dikenal sebagai tanaman antikanker. Ramuan 30 gram daun dewa segar, 20 gram temu putih, 30 gram jombang yang direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya dapat digunakan dalam pengobatan penyakit kanker. Dapat pula menggunakan bahan lain seperti 30 gram daun dewa segar, 30 gram tapak dara segar, 30 gram rumput mutiara, 30 gram rumput lidah ular direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 500 cc. Airnya disaring lalu tambahkan madu secukupnya, aduk kemudian diminum selagi hangat.

Daun ceremai
Daun ceremai (Phyllanthus acidus) juga dapat dapat digunakan sebagai obat antikanker. Segenggam daun ceremai muda, sejumput daun belimbing, bidara upas sejari, gadung cina sejari dan gula aren direbus dengan tiga gelas air hingga tinggal segelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari masing-masing satu gelas.

Benalu
Sementara senyawa dalam benalu telah lama diperkirakan bekerja sebagai penghambat keganasan kanker. Benalu yang direbus menjadi teh terbukti dapat dipakai sebagai obat penunjang selama menjalani kemoterapi (terapi dengan mengonsumsi obat antikanker).
Bagi Anda yang belum terkena kanker, tumisan brokoli, sawi, kembang kol, wortel, tomat dan daging ikan dengan bumbu sedikit garam dan bawang putih, mampu menjadi masakan yang kaya akan zat antikanker. Penelitian Universitas Harvard terhadap 48.000 orang pada tahun 1995 menunjukkan risiko terkena kanker prostat bagi mereka yang memakan 10 kali hidangan yang mengandung tomat per minggu turun sampai hampir separuhnya.

Kanker Payudara Apaan Sih?

Kanker payudara merupakan pertumbuhan sel payudara yang tidak terkontrol karena perubahan abnormal dari gen yang bertanggung jawab atas pengaturan pertumbuhan sel. Secara normal sel payudara yang tua akan mati dan digantikan oleh sel baru yang lebih ampuh, regenerasi sel ini berguna untuk mempertahankan fungsi payudara.

Lha pada kasus kanker payudara, gen yang bertanggung jawab terhadap pengaturan pertumbuhan sel ini termutasi sehingga jadi gak nurut, kalo bahasa jawanya tuh ‘mokong’. Karena yang mengatur udah gak bener, ya jelas yang diatur jadi tambah gak bener, makanya terjadi pertumbuhan sel payudara secara terus-menerus tanpa henti, yang seharusnya belum waktunya tumbuh malah tumbuh duluan. Kondisi inilah yang disebut kanker payudara. Selain mengganggu secara estetik, jika terjadi keterlambatan dalam penanganan kanker payudara bisa ber-metastase (menyebar) ke organ dalam organ dalam seperti paru dan jantung melalui jaringan limfe yang semakin meningkatkan resiko kematian. O iya, sebelum lanjut udah pada tau kan anatomy payudara seperti apa? Kalo belum tau monggo diliat gambar dibawah ini..

payudara

Ada 5 Cara Ampuh Mencegah Kanker Payudara

  • Olahraga 3 kali seminggu selama 20 menit. Olahraga bisa menjadikan jantung bekerja diatas level istirahat yang sanggup memperkuat otot jantung dan peredaran darah ke sel sehingga bisa meningkatkan kinerja jantung dan berimbas pada menurunnya resiko terserang kanker, jadi gak cuman kanker payudara aja lho…
  • Hindari minuman ber alkohol. Konsumsi alkohol diyakini meningkatkan resiko terserang kanker, banyak para pakar kesehatan merekomendasikan mengurangi alkohol bagi mereka yang beresiko tinggi terserang kanker payudara. Lha yang namanya kanker ini kan sensitif terhadap hormon, sedangkan alkohol sangat mempengaruhi kondisi hormon dalam tubuh.
  • Pertahankan kondisi tubuh ideal. Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Texas Medical Anderson Cancer Center menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan berlebih terutama yang udah monopouse memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap kanker payudara daripada wanita yang memiliki tubuh ideal.
  • Lakukan pemeriksaan payudara secara mandiri tiap bulan. *Lha gimana caranya?* Buka seluruh pakaian atas sekalian ama BHnya didepan cermin, trus bandingkan ukuran payudara kiri dan kanan, secara normal payudara kiri dan kanan memang tidak 100% simetris, tapi pada kanker payudara perbedaan ukuran terlihat sangat mencolok. Raba dan pijat lembut daerah payudara dan sekitarnya, jika terdapat benjolan abnormal dan kadang terasa sakit langsung hubungi dokter aja untuk memastikan.
  • Lakukan mammogram setahun sekali setelah berumur diatas 40 tahun. Mengobati kanker secara dini sangat meningkatkan resiko kesembuhan payudara, makanya pada wanita diatas 40 tahun atau yang udah monopouse sangat dianjurkan melakukan mammogram setahun sekali.

Sumber : www.Juraganmedis.com

Kenapa ya kanker payudara begitu ditakuti oleh sebagian besar orang? Bahkan di beberapa negara maju pemeriksaan mammography setiap 6 bulan sekali menjadi suatu kewajiban bagi tiap perempuan yang udah monopouse.

Sel kanker payudara kurang bisa melekat ke sel lainnya, hal ini karena sel kanker payudara hanya memiliki sedikit zat pengikat antar sel yaitu molekul adhesin. Bila sel kanker payudara terlepas dari sel, maka sel kanker ini masuk ke peredaran darah dan menuju berbagai organ. Seringkali sel mampir ke tulang, terutama tulang belakang. Padahal tulang belakang merupakan jalur berbagai saraf penting dari otak seperti saraf motorik yang mengatur berbagai pergerakan kaki, tangan dan otot-otot pernafasan.

Jika sel kanker ini berkembang disana, terjadilah kanker tulang belakang dengan kondisi pembengkakan tulang dan jaringan sekitar tulang belakang. Karena tulang belakang dan daerah sekitarnya membengkak maka terjadi penekanan terhadap saraf-saraf penting ditulang, tergantung juga di bagian mana saraf yang tertekan, bila yang tertekan saraf arah otot kaki atau tangan efeknya adalah lumpuh kaki atau lumpuh tangan. Bila yang tertekan adalah saraf otot-otot pernafasan seperti otot intercosta (otot diantara tulang rusuk) dan otot diafragma, maka penderita tidak bisa bernafas dan bisameninggal.

Dibalik payudara tersimpan banyak sekali pembuluh limfe yang terhubung ke berbagai organ dalam seperti paru, hati dan organ lainnya yang fungsinya sangat penting dalam mendukung kehidupan, melalui jalur inilah sel kanker bisa jalan-jalan menuju organ dalam tersebut. Contohnya ketika sel kanker ini jalan-jalan dan mampir ke organ dalam yang terdekat yaitu paru, maka terjadilah perkembangan sel kanker di paru yang mengganggu pernafasan, makanya tidak jarang ditemukan batuk kronis yang tidak sembuh-sembuh pada penderita kanker payudara. Kondisi ini bila berkelanjutan bisa menyebabkan kematian karena gangguan pernafasan.


Sumber : www.Juraganmedis.com

;;